4 Pemicu Penyakit Herpes Yang Sering Terjadi

4 Pemicu Penyakit Herpes Yang Sering Terjadi – Herpes simpleks adalah virus yang juga disebut sebagai HSV 1, yang merupakan penyebab utama penyakit cold sore (herpes mulut), dan HSV 2, yang merupakan penyebab untuk herpes genital.

4 Pemicu Penyakit Herpes

Menurut American Academy of Dermatology, setelah Anda terinfeksi apapun jenis herpes termasuk “herpes zoster, virus ini akan menetap dan tidak meninggalkan tubuh, dan virus ini butuh tempat tinggal di sel-sel saraf di mana ia tetap aktif sampai wabah lain dipicu. Ada beberapa hal-hal umum yang memicu wabah herpes.

  • Matahari
    Matahari juga bisa menjadi pemicu penyakit herpes. Selama bertahun-tahun, komunitas medis telah mengetahui bahwa penyakit HSV 1, salah satu pemicunya yang paling umum adalah matahari. Terpapar sinar matahari yang berlebihan dapat memicu herpes.
    Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institutes of Health yang di publikasikan dalam edisi Desember 1991 menunjukkan bahwa paparan sinar UV akan mengaktifkan virus herpes, namun apabila kita menggunakan tabir surya sebelum terpapar sinar UV, maka akan dapat mencegah wabah herpes.
    Bagaimana dan mengapa persisnya matahari memicu wabah herpes belum diketahui, tetapi jika Anda rentan terhadap wabah ini, sebaiknya pastikan untuk memakai tabir surya ketika Anda akan beraktifitas di bawah sinar matahari.
  • Demam
    Menurut Penn State University Health Services, bersama dengan paparan sinar matahari, demam adalah pemicu herpes lainnya yang paling umum dari wabah herpes simplex 1. Pada saat demam tubuh berada di bawah stres fisik, dan ada perubahan suhu tubuh. Perubahan ini sering memicu wabah herpes di sekitar mulut, dan luka yang sering disebut sebagai “lepuh demam.”
  • Stres
    Stres dapat mengganggu dan berakibat buruk pada banyak fungsi tubuh, dan oleh American Academy of Dermatology dikatakan sebagai penyebab sekaligus pemicu penyakit herpes paling umum terjadinya wabah herpes. Para peneliti di University of Southern California melakukan penelitian pada stres dan wabah HSV 1 pada tikus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres mengaktifkan sistem saraf simpatik dan juga melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  • Aktivitas seksual
    Herpes simpleks 2, atau herpes genital, juga dapat muncul kembali dari keadaan tidak aktif. Pemicu penyakit herpes jenis ini bisa karena stres, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan juga faktor lainnya yaitu aktivitas seksual. Herpes Management Forum Internasional melaporkan bahwa kerusakan atau gesekan pada kulit, seperti selama hubungan seksual atau kegiatan lainnya, dapat mengaktifkan wabah herpes.

Demikian 4 pemicu penyakit herpes yang sering dialami kebanyakan orang. Pemicu herpes (apa yang menyebabkan peristiwa) sangat tergantung pada individu, tetapi setelah beberapa kali, kita belajar mengenal, dan kadang menghindari, faktor yang tampaknya memicu HSV dalam tubuh kita.

Makanan yang tidak bergizi, stres emosional atau fisik, pergesekan pada daerah kelamin, terpajan lama pada cahaya ultraviolet (umumnya untuk herpes oral), trauma bedah, dan pengobatan dengan steroid (misalnya pengobatan untuk asma) dapat memicu peristiwa herpes. UntukĀ obat herpes alami bisa dilakukan dengan cara seperti melalui penanganan stres, serta cukup istirahat, gizi dan olahraga.

Recent search terms:

Related Post