Bahan pangan sweeping sering dijual untuk konsumsi manusia

Berbagai jenis bahan makanan cli dalam gudang jangan bercampur baur, dan sebaiknya jangan bahan makanan disimpan di dalam satu gudang yang sama dengan bahan-bahan beracun, seperti insektisida. Di lndonesia, bahan makanan yang berceceran di lantai gudang biasa dikumpulkan dan dapat mencapai jumlah yang cukup besar, disebut bahan makanan sweeping. Hal ini sangat membahayakan, bila di dalam gudang tersebut disimpan pula bahan-bahan beracun. Atap gudang harus dijaga dari kebocoran, terutama bila dipakai menyimpan bahan makanan yang tidak dikemas kedap air. Air dari tempat yang bocor akan meningkatkan kadar air bahan makanan yang harus disimpan kering, sehingga akan mempercepat proses kerusakan bahan makanan tersebut.

Pada umumnya bahan disimpan dalam keadaan dikemas, tetapi di negara maju dilakukan pula penyimpanan secara curah (bulk) bagi bahan biji-bijian. Penyimpanan biji-bijian secara curah dilakukan didalam gudang yang disebut silo atau bin, yang dapat dibuat dengan konstruksi beton atau konstruksi baja. Daya simpan dapat tinggi sekali, dan dapat diadakan peralatan atau mekanisma untuk rekonditioning biji-bijian yang disimpan disitu. Pada tahun 1985 di lndonesia gudang berbentuk bin atau silo untuk penyimpanan bahan makanan biji-bijian secara curah belum dilakukan, tetapisilo sebagai cara menyimpan sudah sedang dicoba.

Cara menyimpan dengan silo memang memerlukan biaya permulaan yang tinggi, tetapi untuk curah dalam jumlah besardalam jangka panjang akan memberikan berbagai keuntungan, terutama dengan kapasitas produksi pangan (beras) yang sudah semakin meningkat. Di Jawa Timur telah dicoba penyimpanan beras dalam kantong plastik tebaldengan kondisivakum. Dengan cara ini penyimpanan dapat dilakukan di lapangan terbuka tanpa menjadi rusak, serta tahan untuk beberapa tahun. Cara ini merupakan alternatip lain bagi penyimpanan beras dan biji-bijian dalam jumlah sangat besar, disamping cara penyimpanan dalam silo. Cara penyimpanan dalam kantung plastik dibawah kondisi vakum ini juga lebih murah biayanya.

Seleksi dan Kondisioning.

Penanganan bahan makanan dalam bentuk seleksidan kondisioning diperlukan bila diperuntukkan ekspor. Bahan makanan yang diproduksioleh para petani kecil mempunyai kualitas yang berbeda-beda dan jumlahnya kecil-kecil. Untuk ekspor hasil produksi berbagai petani ini harus dikumpulkan dan digabungkan menjadi jumlah besar.