Beberapa Ramuan Untuk Mengobati Flu di Rumah

FLU

Gejala flu dapat membuat penderitanya sengsara karena demam dan batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit, dan menggigil. Tapi sesungguhnya ada cara untuk merasa lebih baik.

Obat resep antivirus dapat meringankan gejala flu bila diminum tak lama setelah Anda sakit. Dalam banyak kasus, bagaimanapun, hanya pengobatan rumah sederhana sajalah yang mungkin Anda butuhkan untuk menghilangkan gejala flu ringan – moderat.

 

Berikut ini beberapa solusi alami untuk flu:

Flu bisa membuat Anda dehidrasi, terutama jika mengalami muntah atau diare. Jadi pastikan untuk mendapatkan cukup cairan. Air sudh cukup. Namun boleh juga jus buah, soda, dan minuman elektrolit. Anda mungkin sebaiknya menjauhi minuman berkafein, karena kafein adalah diuretik. Teh herbal dengan madu dapat menenangkan sakit tenggorokan. Jika Anda merasa mual, cobalah minum sedikit-sedikit saja – karena jika terlalu banyak tegukan mungkin menyebabkan Anda muntah. Bagaimana Anda bisa yakin apakah Anda mendapatkan cukup cairan? Urin Anda harus kuning pucat, hampir tidak berwarna.

Bagaimana dengan minum alkohol? Tidak boleh. “Bila Anda memiliki flu, hal terakhir yang Anda ingin lakukan adalah minum alkohol,” kata William Schaffner, MD, ketua pengobatan pencegahan di Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tenn. “Ini akan membuat Anda mengantuk, padahal flu itu sendiri sudah membuat Anda mengantuk.”

Selama beberapa generasi, orang tua merawat anak-anak yang sedang menderita pilek dan flu dengan memberikan sup ayam. telah melayani sup ayam untuk anak-anak dengan pilek dan flu. Tapi apakah langkah ini benar? Mungkin. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Chest menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu mengatasi gejala infeksi saluran pernafasan atas seperti flu.

“Saya percaya bahwa sup ayam dapat membantu mengatasi gejala flu,” kata Reid B. Blackwelder, MD, profesor kedokteran keluarga di East Tennessee State University di Kingsport. Tapi tidak semua dokter setuju. “Ketika Anda membungkuk untuk menyuapkan ke mulut Anda dari semangkuk sup ayam panas dan uap dari sup terhirup hidung, Anda merasa lebih baik,” kata Schaffner. “Tetapi beberapa [manfaat] yang jelas adalah emosional. Anda merasa lebih baik karena ada memiliki seseorang yang membuatkan sup untuk Anda.”

Dengarkan tubuh Anda. Jika ia memberi tahu Anda jangan berolahraga, maka memang sebaiknya jangan. Jika hal itu berarti memaksa Anda untuk menghabiskan sepanjang hari di tempat tidur, lakukan. Jangan memaksa dengan melakukan tugas sehari-hari bahkan bila baru mengalami gejala pilek atau flu berat. Istirahat adalah cara lain untuk mendukung kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Menghirup udara lembab membantu meringankan hidung tersumbat dan sakit tenggorokan. Salah satu strategi yang baik adalah dengan mandi uap beberapa kali sehari – atau hanya mengaktifkan kamar mandi dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit, menghirup uap. Cara lainnya adalah dengan menggunakan vaporizer uap atau humidifier. Rajinlah membersihkan alat tersebut untuk memastikannya bebas dari jamur dan lumut.

 

  1. Membuat tenda.

Butuh cara cepat untuk membuka sumbat saluran udara? Didihkan air dalam panic, lalu matikan. Pindahkan panci air mendidih dan letakkan. Letakan handuk di atas kepala Anda, pejamkan mata Anda, dan lalu arahkan wajah di atas air panas,  tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik. David Kiefer, MD, instruktur klinis kedokteran keluarga di University of Washington School of Medicine di Seattle, merekomendasikan menambahkan satu atau dua tetes peppermint atau minyak kayu putih ke dalam air untuk tambahan daya penghilang dahak. Ulangi ini sesering yang diperlukan untuk mengurangi hidung tersumbat.

 

  1. Memiliki pengasuh/perawat.

Mempunyai seorang yang merawat Anda memang tidak bisa menurunkan suhu atau menyembuhkan sakit tenggorokan, tapi “memiliki seseorang untuk memasangkan selimut untuk Anda saat berbaring di tempat tidur dan membawakan minuman atau sup akan sangat menghibur,” kata Blackwelder. Jika seorang teman atau anggota keluarga menawarkan untuk membantu, bahkan jika itu hanya untuk mampir dan menengok Anda, itu sebuah berkah bagi Anda!

Selalu perhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh kita karena jika makanan yang kita makan mengandung bahan-bahan yang berbahaya maka kita akan bertambah parah, untuk nutrisi yang praktis kini sudah ada Melia Propolis yang dalamnya terkandung banyak nutrisi yang baik bagi daya tahan tubuh kita salah satunya yaitui propolis tapi kita harus waspada dengan barang tiruan yang hamper mirip dengan melia propolis asli berikut tips untuk membedakan melia propolis asli dan palsu.