7 Cara Meningkatkan Testosteron Secara Alami : Penyebab & Tandanya

Cara meningkatkan testosteron secara alami : Testosteron merupakan hormon yang penting bagi pria. Kadar testosteron yang tinggi memang sering kali di hubung-hubungkan dihubungkan dengan performa seksual, kualitas sperma, massa otot, pertumbuhan rambut, perilaku yang semakin agresif, kompetitif, serta maskulin.

cara meningkatkan testosteron alami

Walau produksi hormon seksualitas ini akan meningkat pada saat pria beranjak remaja dan akan mencapai puncaknya pada usia 40, namun setelah usia 40 th keatas akan perlahan mengalami penurunan.

Nah, untuk menghindari efek buruk dari menurunnya level testosteron pada tubuh maka anda bisa simak beberapa cara meningkatkan kualitas dan kuantitas hormon testosteron ini. Tapi sebelum itu, anda bisa simak dulu beberapa penyebab dan tanda menurunnya hormon seksualitas pria ini.

Baca juga: pilihan obat kuat tahan lama

Penyebab turunnya hormon testosteron

Testosteron bisa meningkat dan juga bisa berkurang. Hal ini dipicu oleh berbagai hal. Teststeron akan meningkat ketika kondisi tubuh sedang dalam keadaan sehat dan jauh dari kata stress. Selain itu, peningkatan testosteron bisa disebabkan oleh asupan jenis makanan yang mengandung banyak testosteron, seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah-bauahan dan sayuran.

Yang paling dominan adalah ketika seseorang menginjak masa pubertas. Pada masa ini, secara otomatis hormon testosteron akan terus meningkat sampai mencapai puncaknya sekitar usia 30 tahun. Berikut beberapa masalah yang memicu atau menyebabkan testosteron mengalami penurunan kualitas maupun kuantitasnya.

  1. Terjadinya stress karena pekerjaan maupun hal lainnya
  2. Faktor usia
  3. Obesitas
  4. Kurang waktu istirahat
  5. Sudah mempunyai anak
  6. Mengkonsumsi alkohol
  7. Kondisi lingkungan yang tidak sehat
  8. Gaya hidup tidak sehat
  9. Pola makan yang tidak teratur

Jika, anda sudah mengetahui beberapa penyebab di atas sebaiknya dihindari ya!! Tapi, kalau yang faktor usia memang tidak bisa dihindari, karena itu sudah menjadi hal pasti akan kita alami. Namun setidaknya jika kita menjaga pola hidup dan menghindari penyebab menurunnya testosteron kita sejak dini, pasti testosteron kita akan terus bagus samapi di masa tua nanti.

Tanda hormon testosteron menurun

Hipogonadisme atau kondisi seorang pria saat mengalami penurunan kadar hormon testosteron dalam tubuhnya. Penurunan kadar hormon testosteron sebenarnya adalah hal yang wajar seiring dan sangat alami dengan bertambahnya usia.

Akan tetapi, beberapa tahun terakhir banyak penelitian yang membuktikan jika masalah ini tidak hanya menyerang penurunan fungsi seksual saja, namun juga beberapa hal lain yang berkaitan dengan tubuh kita. Apa saja itu?? Berikut beberapa tanda jika anda mengalami hipogonadisme atau menurunnya kadar testosteron dalam tubuh:

1) Gairah seks akan menurun drastis

Karena hormon testosteron bertugas untuk mengatur libido pria, maka jika hormon ini turun pasti gairah seksual anda juga otomatis akan turun secara drastis. Sehingga anda akan sulit mencapai untuk orgasme.

2) Cairan sperma menurun kualitas dan kuantitasnya

Selain bertugas untuk meningkatkan gairah, hormon testosteron juga berperan untuk memproduksi air mani atau cairan yang membantu perkembangan sperma menjadi lebih baik dan subur. Pria dengan jumlah testosteron rendah pasti memiliki volume sperma sedikit.

3) Tidak bisa ereksi secara maksimal

Hormon testosteron ini juga berhubungan dengan kualitas ereksi. Pria akan kehilangan kualitas masa ereksi, jika mengalami penurunan testoteron. Karena hormon ini bertugas juga untuk merangsang reseptor di otak agar memproduksi oksida nitrat-sebuah molekul yang memicu ereksi. Turunya hormon seks ini biasanya disebabkan oleh obesitas maupun penyakit lain seperti: diabetes aterosklerosis.

4) Massa otot anda akan berkurang

Hormon seksualitas pria ini juga Karena berperan untuk membangun masa otot pria. Pria dengan testosteron rendah maka cenderung memiliki massa otot yang tidak besar.

5) Akan membuat mood anda tidak stabil

Hormon seksualitas pria ini juga bisa menigkatkan mood. Jadi, jika anda mengalami penurunan mood untuk melakukakn kegiatan sehari-hari, hati-hati mungkin saat ini Anda sedang mengalmi penururnan kadar testosteron dalam tubuh. Dan segera fikirkan untuk meningkatkannya lagi.

6) Membuat anda cepat lelah

Hampir sama dengan kehilangan mood. Testosteron juga merupakan bahan bakar anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Coba bayangkan saja, jika kendaraan kehabisan bahan bakar, pasti akan mati dan tidak bisa bergerak. Begitu juga tubuh anda, jika bahan bakar anda ini sampai berkurang pasti akan membuat tubuh semakin lemah tak berdaya.

Makanan meningkatkan hormon testosteron

Kadar hormon testosteron yang normal pada pria dewasa yaitu berkisar antara 350 hingga 400 nanogram / desiliter. Jika kadar testosteron dalam tubuh anda kurang dari angka tersebut, maka anda bisa dikataka mengalami sindrom TDS (testosterone deficiency syndrome). Atau juga mengalami turunnya kadar testosteron dalam tubuh.

Berkut beberapa makanan yang bisa membantu anda meningatkan kadar testosteron dalam tubuh.

1) Menggunakan telur

Kuning telur memiliki kandungan HDL atau jenis kolesterol baik yang dapat membentuk blok produksi testosteron. Tak hanya itu saja, kandungan protein tinggi dan seng dalam telur juga merupakan dua hal penting untuk menunjang produksi hormon testosteron dalam tubuh. Anda dapat konsumsi sampai tiga butir telur setiap hari untuk meningkatkan kadar testostron tanpa mengurangi kesehatan Anda.

2) Konsumsi kubis

Tak banyak orang yang tahu jika ternyata kubis dapat meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh.. Kubis memiliki kandungan fitokimia yang disebut dengan indole-3-carbinol (IC3) yang mempunyai efek ganda yaitu dapat meningkatkan hormon testsosteron pada pria, tapi malah menurunkan hormon pada wanita.

Cara paling efektif untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh anda menggunakan kubis yaitu dengan makan banyak kubis setiap hari dirumah. Anda bisa membuat variasa makanan berbahan kubis ini. Selain itu anda juga bisa kombinasikan sayur ini dengan sayuran hijau berdaun lainnya macam bayam, kangkung dan toge.

3) Tiram

Tiram memiliki banyak sekali kandungan seng. Kandungan tesebut sangat penting untuk meningkatkan produksi hormon testosteron dalam tubuh. Dengan meningkatkan asupan seng secara signifikan mampu meningkatkan hormon testosteron dengan cepat dalam waktu enam minggu saja. Oleh sebab itu jika anda memakan lebih banyak tiram maka dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak testosteron dan lebih cepat. Jadi berpikirlah untuk konsumsi tiram mulai sekarang.

Apabila anda tidak menyukai tiram atau jenis kerang ini, maka adna juga masih bisa mendapatkan banyak asupan seng harian dari daging, ikan serta beberapa produk berbahan susu mentah seperti keju. Karena semuanya juga tinggi kandungan seng nya.

Tapi ingat, anjurannya yaitu asupan seng untuk orang dewasa tidak boleh lebih dari 40 miligram per hari.

4) Beberapa jenis kacang

Beberapa jenis kacang kacangan disni yang dimaksud yaitu kenari atau almon. Anda bisa memasukkan dua jenis kacang kacangan tersebut  bisa anda masukkan ke dalam menu harian anda. Karena beberapa jenis kacang kacangan ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dan beberapa macam kandungan lain seperti: protein, vitamin E dan seng. Jadi, jika anda rutin mengonsumsi jenis lemak ini, maka pasti kadar testosteron anda lebih tinggi dan berkualitas.

Selain itu anda juga bisa mencoba beberapa macam produk penambah testosteron pria dewasa, yang saat ini memang banyak di jual di apotik seperti herbastamin nasa, semenax, manimax dan beberapa macam obat kuat di apotik lainnya yang memiliki kandungan dan manfaat yang bagus untuk meningkatkan kualitas seksual anda di atas ranjang. Terimakasih semoga bermanfaat.