Diet Kebugaran Jasmani

Biaya terdiridari obat-obatan (persediaan satu tahun obat penurun kolesterol yang populer, seharga $1308), banyaknya kunjungan dokter, dan pemeriksaan laboratorium yang diperlukan untuk memantaudan mungkin mencegah efek samping yang serius. Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besarorang dengan kolesterol tinggi bisa menurunkannya ke tingkat ideal dengan diet dan programgaya hidup yang ideal yang termasuk olahragaterafit tanpa penggunaan obat-obatan medis.

Dalam bab ini kita telah melihat bahwagaya hidup prima itu penting bagi semua orang yang berharap memulihkan penyakit arteri koroner.Terlebih lagi, itu merupakan dasar bagi pencegahan timbulnya penyakit jantung. Gaya hidup ini harus menyertakan diet dengan jumlah kolesterol makanan yang tidak berarti dan rendah lemak jenuh.

Selain menjalani diet yangbaik, seseorang membutuhkan program olahraga yang secukupnya.Pentingnya olahraga teratur dalam mencegahdan memulihkan penyakit jantung perlu ditekankan. Olahraga teratur saja telah dibuktikanmembantu jantung dalam banyak penelitian. Saya mengutip satu saja. Sebuah penelitianselama 19 tahun terhadap sekitar 10.000 pria mempelajari pengaruh kuat olahraga aerobic teratur pada risiko kematian karena penyakit kardiovaskular. Mereka dikategorikan dalamtiga grup ditentukan dengan masing-masing partisipanmenjalani dua tes kebugaran treadmilyang rata-rata lima tahun terpisah. Mereka yangmenikmati kebugaran fisik terus-menerus (luluskedua tes) masuk dalam grup pertama.

Mereka dengan kebugaran singkat (lulus pada salah satutes saja) menjadi grup kedua. Grup ketiga terdiri dari mereka yang tidak sehat (gagai pada keduates). Hasilnya ditunjukkan dalam Gambar 19. Perhatikan bahwa mereka yang secara fisiksehat dan mempertahankan kesehatan fisiknya mempunyai risiko paling rendah. Risikonya duakali lipat bagi mereka yang gagal mempertahankanprogram kebugaran yang seterusnya, dan lebih dari empat kali lipat untuk yang tidak berolahraga. Hasil nyata lainnya yakni selain manfaat bagi jantung, mereka yang mempertahankan kesehatan juga mempunyai risiko terendah kematian dari semua penyebab.Sangat disayangkan mengetahui bahwa orang yang tidair berolahraga meningkatkan risikokematian dari penyakit jantung dengan jumlah hampir sama dengan perokok. Dengan kata lain, dari sudut pandang penyakit jantung,Anda barangkali mempunyai hanya sedikit kelegaan karena tidak merokok kecuali berolahraga secara teratur. Olahraga jelas merupakan bagian penting dari program mana saja untuk mencegah atau memulihkan penyakit jantung.