Efek penggunaan alkohol selain terhadap sistem kekebalan yang kemungkinan berkaitan dengan peningkatan angka kanker

Misalnya, ada bukti bahwa penggunaanalkohol meningkatkan kadar estrogenpada wanita. Meskipun ini terdengar membantu itu juga bisa meningkatkan risiko kanker rahim dan panrdara. Jika tiba pada kanker kepala dan leher, iritasi kronis dari alkohol juga bisa menjadi faktor risiko kanker.

Bertambahnya Risiko Penyakit Infeksi

23.Di samping kanker dan infeksi kronis denganHIV, alkohol bisa meningkatkan risiko infeksibiasa-tetapi berpotensi mematikan-seperti pneumonia dan tuberkolosis. Jenis tertentu pneumonia lebih sering terjadi pada pengguna alkohol, seperti Klebsiella pneumonia dan aspiration pneumonia. Klebsiella merupakan kuman jenis tertentu yang bisa menyebabkan infeksi paru-paru agresif. Aspiration pneumonia juga bisa terjadi jika seseorang keracunan berat. Sementara pada keadaan pingsan karena mabukberat, seorang individu yang menelan airludahnya sendiri masuk ke dalam pipa udarabisa mengalami pneumonia yang mengancam jiwa ini.

Ada alasan lain mengapa risiko infeksi bertambahpada mereka yang menggunakan alkohol.Normalnya, suatu jenis sel darah putihyang disebut neutrofil at^t polymorphonuclearlymphocyte (PMN) beredar bersama darah sampai tiba pada lokasi di mana infeksi awal berada. la kemudian meninggalkan sirkulasi dan berperang dengan penyusup.

Konsumsi alkohol dengan sekadarnya memperlemah beberapa dari fungsi sel darah putih ini. Efek yang terhitung mulai pada kadar di bawah intoksikasi legal, serendah 50 mg per desiliter (0,05 persen alkohol darah). Ketika jumlah penyerapan alkohol bertambah, maka kemampuan PMN pergi ke tempat infeksi dan kemampuannya melenyapkan penyerang menjadi rusak secara progresif. Semakin banyak alkohol yang ada, semakin buruk kinerja mereka.

Efek Sampingan Karena Konsumsi Alkohol

Selain mempengaruhi usus dan sistem kekebalan ada efek samping luas lainnya konsumsi alkohol. Beberapa dari efek ini ditunjukkan dalam Gambar 9. Mengejutkan bagi saya melihat media berita begitu antusias menyatakan sifat baik dari minum alkohol “moderat” sementara ada daftar panjang masalah seperti itu yang disebabkan baik oleh konsumsi alkohol sedang maupun berat.

Beberapa dari masalah yang didata dalam Gambar 8 bisa terjadi dengan sedikitnya satu minuman alkohol per minggu. Mari kita ambil sedikit waktu lagi untuk lebih memahami kondisi yang berkaitan dengan alkohol ini.