Efek Samping Kolesterol Darah yang Tinggi

Perbandingan sakit dada darikelompolt gaya hidup dan kelompok penilikdalam Lifestyle Heart Trial ditunjukkan dalamGambar 16.Sakit dada pada kelompok percobaan (dietvegetaris) berkurang 91 persen, sampai kurangdari satu kali per minggu. Di lain pihak, dalam kelompok penilik (diet daging yang direkomendasikan oleh NCEP) mereka menjadi lebih buruk sampai 165 persen selama masa pembelajaran satu tahun. Hasil ini sesuai dengan yang diharapkan, dan sejalan dengan pengurangan sumbatan arteri jantung dari keiompok pertamadan peningkatan sumbatan kelompok lain yang ditunjukkan tadi dalam Gambar 4. Satu hasil dari penelitian ini sangat tidak ‘diduga.

Penurunan 91 persen yang dramatis terhadapsakit dada dari kelompok percobaan yang terjadi dalam tiga minggu pertama-1auh lebihcepat dari dugaan. Penurunan cepat terhadap sakit dada seperti itu mengejutkan bagi banyakkomunitas medis. Akan tetapi, yang lain cukupmemahami perubahan dramatis dalam waktu singkat itu yang bisa terjadi dengan perubahangaya hidup. Saya secara pribadi telah melihat banyak pasien yang, pada awalnya, berjalan mengitariruangan saja sudah mendapat sakit dada angina yang menusult.

Setelah dua atau tiga minggu menjaiani diet vegetaris dan program olahraga, banyak dari pasien-pasien itu akan berjalanlima mi1 sehari-tanpa sakit dada dan menggunakan obat-obat jantung lebih sedikit daripada sebelumnya. Hasilnya kerap kali begitu menakjubkan sehingga Anda harus melihatnya langsung agar bisa sepenuhnya menghargai perkembangan dramatis itu.

Meskipun beberapa orang memikirkan pembuluh darah sebagai saluran atau pipa yang melewati tubuh kita, karakterisasi seperti itu menyesatkan. Sebenarnya, arteri yang sehat adalah organ berotot yang mempunyai kemampuan mengendalikan berapa banyak aliran darah yang melaluinya dengan mengubah diameternya. Mereka bisa relaks dan membiarkan lebih banyak darah mengalir, atau mereka bisa mengecil dan membuat aiiran darah lebih sedikit. Relaksasi pembuluh darah sangat penting bagi kerja jantung. Relaksasi dari arteri koroner membiarkan aliran darah yang lebih besar ke otot jantung.

Relaksasi pembuluh darah di suatu tempat lainmengurangi beban kerja jantung dengan mengurangi resistansi sehingga jantung memompa untuk menanggapinya. Jika pengurangan dalam jumlah sumbatan tidak bisa menielaskan perkembangan dalam sakitdada, ialu apa yang bisa?