Gejala ini merupakan gejala dini dari karsinoma penis (prepusium)

Oleh karena “pre- Futial discharge” dan “urethral discharge” tidak bisa dibedakan pada orang2 yang ticlak dikhitan, maka kita harus membuka prepusium untuk membedakannYa. Pada setiap kasus yang menunjukkan skrotum yang besar palpasi skrotum harus dilakukan. Pada palpasi skrotum kita tentukan apakah terdapat testis yang normal di dalam skrotum. Testis yang konsistensinya lunak ditemukan pada orkhitis akut akibat infeksi virus. Testis yang keras konsistensinya dan tidak membesar adalah khas untuk orkhitis akibat sifilis. Apabila timbul guma, maka testis lambat-laun menjadi besar namun tidak nyeri, bahkan jika menekan testis se-keras2nya nyeri sedikitpun tidak akan terasa.

Penekanan pada testis adalah suatu tindakan yang tidak boleh dilupakan pada tiap kasus yang tersangka tabes dorsalis. Pada pembesaran atau pembengkakan testis harus diselidiki apakah memang benar testis yang membesar ataukah pembesaran itu disebabkan oleh epididimitis yang membengkak. Testis yang membengkak dan adanya nyeri, pada umumnya merupakan tanda2 epididimitis akut. oleh karena ada rasa nyeri, pasien tidak membiarkan testisnya dipalpasi. Lain halnya dengan epididimitis menahun akibat infeksi tbk. Dalam hal tersebut, nyeri di testis sifatnya ringan dan palpasi dapat Cilakukan tanpa kesulitan, Si pemeriksa akan menemukan suatu nodule di belakang testis; apabila infeksi ini meniadi kronik maka dapat teraba bbberapa nodule yang tidak nyeri pada penekanan.

Pada seminoma dan teratoma testis, lambat-laun testispun membesar dan rasa nyeri pada testis akan menghilang Pula. Pada varikosel skrotum yang tampak membesar itu mengandung vena2 yang besar dan longgar. Varikosel pada umumnya terdapat di sebelah kiri. Kesukaran untuk melakukan palpasi testis dan epididimis disebabkan antara lain oleh adanya cairan sekitar testis. Hidrosel yang ringan adaiah gejala penyerta tiap proses orkhitis atau epididimitis. Hidrosel yang besar sudah dapat diketahui dengan inspeksi saja. walaupun demikian, ada baiknya dilakukan penyinaran dengan batere biasa (transiluminasi) untuk menentukan “jern,ihnya” hidrosel. Hampir semua hidroser adarah “transrucent,, yang berarti bahwa sinar batere dapat menembus skrotum. Konsistensi hidrosel adalah seperti balon yang terrsr air. Klik disini dan dapatkan informasi yang paling lengkap seputar obat gula darah yang bagus