Hama ini dapat berbentuk mikroba (fungi dan bakteri)

Terutama microba dan serangga merupakan hama utama bahan makanan yang ditimbun untuk jangka waktu cukup lama, dan kedua jenis hama ini memerlukan air dalam makanannya. Pada kadar air tertentu atau di atasnya, hama ini tumbuh dan berkembang biak. Hasil metabolisma seperti air dan panas serta ekskreta pada serangga dan binatang mengerat, dengan cepat akan menyebabkan kerusakan bahan makanan yang ditimbun, sehingga tidak lagi dapat dikonsumsi manusia.

Pada kadar air yang cukup rendah (A 9% atau lebih rendah lagi pada biji-bijian, bahkan sampai 10 %), hama tersebut terhambat pertumbuhan maupun pengembangbiakannya. Jadi agar dapat disimpan untuk jangka waktu lebih lama tanpa menjadi rusak, hasil panen harus diusahakan dapat dikeringkan menurut persyaratan.

Juga kadar air yang rendah akan meringankan ongkos pengangkutan, sebab pada bahan pangan yang basah, ikut ditranspor sejumlah air yang tidak perlu. Ongkos angkutan sering berdasarkan berat bahan yang diangkut, sehingga air yang tidak diperlukan tersebut mempertinggi ongkos angkutan bahan makanan itu. Bahan pangan khewani juga diperlukan untuk dikeringkan secukupnya, untuk meningkatkan daya tahannya dalam penyimpanan.

Transpor Bahan Makanan.

Ketika ditranspor, sejumlah bahan makanan akan mudah tercecer hilang, dan tidak dimanfaatkan untuk konsumsi. Berbagai jenis bahan makanan memerlukan cara transpor tertentu, ada bahan makanan yang ditranspor secara curah (bulk), ada yang dikemas (datam dos, karung, kaleng dan sebagainya). Pengkemasan yang tidak memenuhi syarat akan meningkatkan kerusakan dan penghamburan (waste) bahan makanan. Cara transpor juga harus yang cukup murah, agar bahan pangan tidak menjadi terlalu mahal sampai kepada kosumen, sehingga tidak terjangkau oleh daya belinya.

Penyimpanan.

Cara penyimpanan bahan makanan harus memenuhi syarat-syarat tertentu, terutama bagi bahan makanan yang mudah rusak (perishable food), seperti bahan pangan khewani. Telah dikemukakan bahwa biji-bijian harus disimpan dalam kondisi cukup kering. Gudang harus mempunyai konstruksi bebas hama, terutama binatang mengerat seperti tikus, cukup ventilasi dan dijaga kebersihannya. Letak barang di dalam gudang harus teratur dan memudahkan lalu lintas untuk dapat memindahkan tumpukan barang dengan mudah dan lancar.

Baca juga: obat diabetes herbal

Recent search terms: