Hipersensitivitas karena perangsangan

435Beberapa sel menerima instruksi dari zat-zat seperti hormon melalui reseptor-reseptor permukaan yang secara khas mengikat bendabenda. dari luar mungkin dengan iara saling melengLpi susunan (komplementer). Gabungan ini mungkin menyebabkan perubahan- perubahan alosterik pada susunan-resepror atau molekul yang  berdekatan yang akan menjadi aktif dan meneruskan obat herbal diabetes tradisional isyarat ke dalam sel. Sebagai contoh, hormon perangsang tiroid (thyroid stimulating hormone = TSH) yang. berasal dari lituitari bergabung dengan reseptor sel tiroid, tampaknya menjadi pingaktif adeiil siklisa dalam selaput sel yang menimbulkan siklik -aAMP dari ATP dan zat ini merangsang aktivitas dalam sel tiroid. Antibodi perangsang tiroid terdapat dalam serum penderita-penderita tirotoksikori, (bandingkan dengan hal. 317), yang merupakan suatu otoantibodi yang  langsung melawan suatu antigen pada permukaan tiroid yang merangsang sel dan menyebabkan perubahan-perubahan seperti TSH, seperti melalui cara siklik-AMp.

Agaknya antibodi berikatan dengan satu rempat pada reseptor TSH atau satu molekul yang berdekatan menimbulkan perubahan olosterik yang diperlukan  untuk aktivasi adenil siklasa. Keadaan itu analog dengan rangsangan limfosit; limfosit-limfosit kecil dengan reseptor-reseptor permukaan  imunoglobulin dapat terangsang oleh perubahan-perubahan yang terjadi karena induksi melalui molekul-molekul reseptor baik karena ikatan dengan antigen spesifik atau oleh antibodi terhadap imunoglobulin (juga anti-Fc) seperti yang terlihat pada Gambar 6.19. Contoh percobaan-percobaan lain mengenai rangsangan antibodi pada antigen-antigen permukaan sel mungkin adalah: transformasi limfosit oleh serum antilimfosit heterolog (anti-lympbocyte serum = ALS) induksi piknositosis oleh serum antimakrofaga; dan pengaruh mitogenik antibodi-antibodi terhadap telur.

Patut diperhatikan bahwa meskipun antibodi bagi enzim-enzim langsung menyerang determinan-determinan di dekat tempar yang aktif dapat memperkuat efek hambatan, sedang gabungan dengan determinan yang lebih jauh kadang-kadang menghasilkan perubahan- perubahan penyesuaian alosterik yang dihubungkan dengan peningkatan aktivitas enzim yang nyata sebagaimana yang telah diterangkan pada varian-varian penisilinasa dan B-galaktosidasa tertentu.

Ringkasan

Bila suatu antigen bereaksi dengan tuan rumah yang peka, mungkin menghasilkan kerusakan jaringan dan kita sebutkan reaksi-reaksi hipersensitivitas yang dapat dibedakan atas 5 tipe utama (lihat Tabel 6.1).