Hubungan Antara Diare Dan Menstruasi

Hubungan Antara Diare Dan Menstruasi

Banyak wanita yang mengalami diare bersama dengan aliran menstruasi mereka setiap bulan. Hilangnya cairan tambahan membuat wanita menjadi cukup lemah dan mereka merasa sulit untuk melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Karena  tidak semua mengalami diare dan menstruasi secara bersama-sama, mereka yang mengalaminya, mulai meragukan apakah semuanya baik-baik dengan tubuh mereka atau ada sesuatu yang salah dengan organ reproduksi mereka.

Kabar baiknya adalah bahwa pada beberapa wanita yang mengalami diare selama periode menstruasi hal tersebt adalah hal biasa dan mereka tidak perlu panik tentang hal itu. Hormon seperti senyawa yang dikenal sebagai prostaglandin yang dilepaskan oleh lapisan rahim bertanggung jawab atas terjadinya  diare. Tetapi diare ini tidak menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya dalam tubuh wanita.

Fisiologi Dibalik Menstruasi Dan Diare

Tepat sebelum menstruasi wanita dimulai, lapisan dalam rahim mulai menghasilkan hormon seperti zat yang disebut prostaglandin. Prostaglandin melakukan beberapa fungsi dalam tubuh termasuk kontraksi otot rahim untuk meluruhkan lapisan menstruasi. Selama menstruasi, lapisan sel menstruasi memecahkan diri yang kemudian di lepaskan dalam jumlah besar yang menghasilkan prostaglandin. Pada beberapa wanita, tubuh mereka membuat lebih banyak prostaglandin dari yang dibutuhkan yang menyebabkan kontraksi rahim cukup kuat dan sering menyebabkan kram  dan rasa sakit luar biasa di perut.

Kelebihan jumlah prostaglandin dibawa oleh darah ke bagian tubuh lainnya. Setelah prostaglandin mencapai usus besar, yang berhubungan dengan otot polos seperti rahim, menyebabkan mereka berkontraksi lebih sering dan kuat dan memaksa mereka untuk mengeluarkan isinya lebih sering .Tingkat tinggi senyawa ini juga bertanggung jawab atas gejala ketidak nyamanan lainnya seperti muntah, mual, sakit kepala, dll. Biasanya wanita mengalami diare selama tiga pertama masa menstruasi  mereka.

Bagaimana Cara Mengatasi Gejala ini?

Meskipun Anda tidak bisa benar-benar mencegah, tapi ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat membantu Anda mendapatkan bantuan untuk masalah ini.

Makan Makanan Yang Tepat

Anda dapat membebaskan diri dari gejala ini dengan makan makanan yang mengandung unsur yang dapat membantu rahim, usus dan otot-otot tubuh yang lain lebih rileks (tidak tegang).

Asam Liblenic dan linolenat adalah dua elemen yang membantu dalam merelaksasi otot-otot tubuh. Mereka banyak ditemukan pada ikan dan sayuran. Mengkonsumsi diet kaya ikan, sayuran dan secara umum makanan bergizi tanpa olahan tepung, gula, garam dan kafein dapat membantu Anda untuk mendapatkan bantuan.

Istirahat yang cukup

Karena diare membuat Anda lemah dan tidak nyaman, maka istirahat dapat membantu. Kami tidak mengatakan bahwa Anda harus menghentikan semua kegiatan harian Anda, akan  tapi kami menyarankan untuk menghindari aktivitas berat dan melanjutkan tugas-tugas ringan. Beristirahat ketika Anda merasa perut mulas dan bersantai untuk diri sendiri.

Berolahraga membantu dalam mengurangi gejala sakit dan membuat Anda segar. Cobalah untuk melakukan beberapa latihan sederhana yang tidak menyebabkan ketegangan yang tidak perlu pada tubuh Anda.

Sebuah olahraga sederhana seperti berjalan akan menjauhkan rasa sakit saat menstruasi. Olahraga moderat akan membantu mengurangi stres dan membantu fungsi sistem pencernaan menjadi lebih efisien.

Teknik relaksasi

Yoga dan meditasi adalah beberapa teknik relaksasi yang dapat membuat Anda tenang dan fokus selama masa menstruasi  Anda. Namun, sebaiknya lakukan yoga di bawah pengawasan seorang ahli yang dapat membimbing Anda tentang gerakan yang bisa dilakukan selama masa menstruasi.

Yoga dan meditasi

Minum obat seperti ibuprofen yang membantu dalam mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh diare dan menstruasi juga akan membantu dalam mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan. Diare selama periode menstruasi adalah fenomena umum dan tidak menimbulkan bahaya jangka panjang.

Obat

Jangan khawatir jika Anda mengalami diare setiap kali Anda menstruasi. Beristirahat dan mengkonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup dan diet makanan yang baik untuk hidup sehat dan jangan mengkonsumsi obat yang sembarangan slalu gunakan obat herbal untuk mengatasi mentruasi salah satu obat herbal yang aman saat mentruasi yaitu Nes V karena obat keputihan nes v mengandung bahan-bahan herbal di antaranya madu. Untuk mengatasi maslah organ kewanitaan anda sebagai obat luarnya anda bisa menggunakan crystal x sebagai salah satu solusinya,karena crystal x ini sangat berguna bagi organ kewanitaan Ms. V anda dan membuatnya lebih bersih,wangi dan menghilangkan bau yang tidak sedap. Selain itu masih banyak lagi manfaat yang dapat anda peroleh dari crytal x ini salah satunya yaitu bisa menjadi obat keputihan.

Recent search terms: