Ia terkejut ketika mengetahui bahwa 50% kalorinya berasal dari makanan berlemak

Catatannya menunjukkan bahv,rara minum 235 ml jus buah satu atau dua kali sehari dan mengonsumsi kacang-kacangan serta goreng-gorengan. Ia setuju untuk menghindari makanan yang digoreng dan menggantinya dengan yang dipanggang atau dikukus; mengganti kacang dengan pop corn rendah lemak; mengurangi penggunaan minyak; dan membatasi konsumsi jus buah sebanyak L20 ml per hari.

Setelah empat kali kunjungan lanjutan dalam kurun wakru empat bulan, berat badan Peter turun sebanyak 2,7 kg, kadar gula darah waktu berpuasanya menjadi 122, dan hemoglobin A,. menjadi 6,9.

Bertahun-tahun kemudian, Peter dapat mengelola diabetesnya dan mempertahankan hemoglobin A,.-nya di bawah 7o/o tanpa obat-obatan. I(sah Peter ini membuktikan bahwa penurunan bent badan yang sedikit pun bisa membawa perubahan besar pada kadar gula darab.

Pengobatan Hipertensi dengan Mengubah Gaya Hidup

hipertensiTekanan darah tinggi atau hipertensi berjalan seiring dengan diabetes dan obesitas, serta diderita oleh 75o/o pengdap diabetes tipe 2. Kombinasi kedua penyakit tersebut meningkatkan risiko terjadinya kerusakan pada mata, gqnjal. dan penyakit jantung serta stroke.

Jika ditambahkan kadar kolesterol yang tidak normal (akan dibahas lebih lanjut dalam bab ini), maka Anda memiliki kombinasi mematikan yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.Tiga serangkai-hipertensi, obesitas, kadar kolesterol, dan lemak lain yang abnormal-berkaitan dengan pradiabetes dan diabetes, dan ketiganya dapat diobati dengan perubahan gaya hidup.

Tekanan darah tirgg membutuhkan perubahan gaya hidup yang bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan aktivitas, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Contohnya, penurunan berat badan sebanyak 2,5-7 kg yang dicapai pada Diabetes Prevention Program dan Trials of Hlpertension Prevention Study terbukti’ dapat menurunkan tekanan darah sebesar dua sampai lima poin (misalnya dari 1.35/80 menjadi 1,30/76).

Meskipun hanya terjadi sedikit perubahan, cara mengurangi kadar gula dalam darah itu sudah cukup untuk menurunkan risiko terkena hipertensi dan risiko jangka panjang terseraflg penyakit jantung dan stroke. Ingadah bahwa pada saat yang sama Anda mengurangi dsiko terkena diabetes atau mengurangi kadar gula darah jika Anda sudah menderita diabetes, dan Anda pun mengurangi risiko tetkena penyakit jantung melalui berbagai mekanisme lainnya.

Penurunan berat badan dan peningkatan aktivitas fisik dapat membuat penampilan danperasaan Anda lebih baik.