Keduanya bekerja melalui sistem adenil siklase

Seperti yang diperlihatkan kemampuan efek teofilin, dan keduanya menyebabkan perubahan-perubahan sama dalam bentuk ultrastruktur pada sel tiroid. Tetapi ini adalah salah satu “percobaan pemindahan pasif” secara alamiah yang menghubungkan PTJP secara langsung dengan perjalanan penyakit dari penyakit Grave. Bila PTJP dari ibu dengan tirotoksik melalui plasenta, ini dihubungkan dengan penyebab hipotiroidisme bayi, yang berubah setelah beberapa minggu seperti IgG ibu dipecahkan. Hipotesa ini pada dasarnya masih diragukan bahwa suatu obat herbal penyakit diabetes basah bagian yang bermakna dari penderita-penderita tirotoksik (20-65% menurut laboratorium) tidak membefi assay positif untuk PTJ P pada mencit-mencit (percobaan binatang yang normal). Sekarang tampak bahwa .serum-serum ini mengandung suatu antibodi perangsang tiroid manusia (AbPT) yang gagal bereaksi silang dengan kelenjar binatang yang diuji.

mekanisme-kerja-protein-gJadi IgG dari semua kasus sebenarnya akan menggiatkan adenil siklase tiroid, merangsang pembentukan tetesan koloid pada biakan potongan-potongan tiroid dan menghambat reseptor-reseptor HPT asal saja sasarannya kelenjar-kelenjar manusia, dan di sini ada suatu hubungan baik antara titer antibodi-antibodi penghambat reseptor HPT dan beratnya hipotiroidisme. Karena AbPT bekerja secara bebas dari sumbu pituitari-tiroid, penyerapan iodium oleh kelenjar tidak dipengaruhi oleh pemberian tiroksin atau tri-iodotironin, di mana biasanya akan menyebabkan hambatan timbal balik dan supresi penyerapan (Gambar 9.10); bentuk ini merupakan dasar dari percobaan diagnostik tirotoksikosis yang penting.

Faktor intrinsik

Otoantibodi-otoantibodi terhadap hasil sekresi selaput lendir lambung pertama kali tampak pada penderita-penderita anemia pernisiosa dengan pemberian oral faktor intrinsik, vitanin B12 dan serum penderita penyakit ini. Serum didapat untuk mencegah faktor intrinsikguna perantara penyerapan B12 kedalam tubuh dan penyelidikan selanjutnya menunjukkan prinsip aktif menjadi suatu antibodi. Antibodi dalam serum seolah-olah tidak dapat menetralisir aktifitas fisiologik dari faktor intrinsik; seorang penderita yang diimunisasi secara parental dengan faktor intrinsik babi dalam adjuvan freund yang lengkap mempunyai tingkat antibodi serum yang tinggi dan reaksi-reaksi kulit berperantaraan sel yang baik tetapi tetap penyerapan B12 baik jika diberi faktor intrinsik babi. Data-data ini secara tak langsung menyatakan bahwa antibodi-antibodi itu telah berada dalam saluran lambung-usus menjadi efektif secara biologik, dan memang mereka dapat diketahui dalam cairan lambung penderita-penderita ini,dibentuk oleh sel-sel plasma pada luka gastritik.

Sperma

pada beberapa pria mandul, antibodi-antibodi penggumpalan menyebabkan pengumpulan spermatozoa dan terganggu masuknya kedalam mukus servikal.