Kenaikan dalam trigliserida

Beberapa penelitian telah mengidentifikasi kelompok vegetarian dengan kadar trigliserida lebih rendah daripada rata-rata.2e,30 Kalau begitu apa yang terjadidalam Lifestyle Heart Tiial? Individu yang sedang menjalani diet vegetarian yang membatasile makbisa cenderung mendapat kadar trigliserida lebih tinggi karena mereka mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan jumlah lebih banyak. Karbohidrat mengisi sepenuhnya 70 sampai 75 persen dalam diet Lifesryle Heart Trial.

Akan tetapi, makanan kaya dengan karbohidratini biasanya tampak seperti hal baik yang membawa risiko penyakit jantung juga risiko kanker.Tampaknya sulit memahami bahwa mereka mendapatkan”terlalu banyak hal baik.”Meskipun kenaikan dalam trigliserida tampaknya tidak mengganggu keseluruhan keberhasilan Lifesryle Heart Trial, ini meninggalkan pertanyaan yang menggelitik: mungkinkah hasilnya bisa lebih baik kalau saja konsumsi lemak tidak terlalu dikurangi?

Mungkinkah pembatasan lemak ketat Ornish kembali membayangi peserta dalam waktu yang lama? Pertanyaannya lebih dari sekadar teori. Seperti telah kita lihat,vegetarian yang tidak bersusah payah menurunkan asupan lemak mereka, memang cenderung mengkonsumsi lemak lebih sedikit dari rata-rata tapi tidak sesedikit yang diwajibkan Ornish dan koleganya.

Menariknya, dalam riset Resnicowsendiri, sebagaimana dalam sembilan penelitianlain yang dianalisnya, vegetaris total padaumumnya mempunyai kolesterol lebih rendah,kadar LDL lebih rendah, danleblh rendah kadartrigliserida-semuanya sama-sama dengan kadarHDL yang baik.3l Bukti ini memberikan kecurigaanpada asupan lemak yang sangat rendah danbersamaan dengan asupan karbohidrat tinggidari diet Ornish yang menjadi penyebab kenaikantrigliserida ini.

Laporan lain yang mencatat kadar trigliserida vegetarian yang lebih rendah memberikanpandangan lebih jauh. Secara spesifik, vegetarianyang mengurangi konsumsi lemak merekadalam rentang yang lebih sedikit (turun sampai23 persen kalori mereka) didapati menurunkantrigliserida mereka. Riset lain teiah menunjukkanbahwa diet vegetarian yang tidak membatasidengan ketat konsumsi lemak bisa menurunkankadar kolesterol, namun mempertahankan nilaiHDL. Baca juga: obat untuk penyakit diabetes melitus

Penelitian ini menimbulkan kecurigaanlebih lanjut pada diet lemak yang sangat rendah.Persoalannya adalah dengan menurunkan konsumsidiet pada tingkat yang sangat besar daridiet Ornish akan mengakibatkan kenaikan trigliseridadan depresi HDL, seperti telah kita simakdalam Lifestyle Heart Tiial. Sedikit informasi terakhir bisa membantumenempatkan masalah persen lemak pada konteksyang masih lebih baik.