Langkah-langkah yang kita butuhkan untuk mencegah kelaparan

Yakni deteksi yang cepat serta bantuan, tidak akan menghancurkan berbagai komponen penting lainnya dari masalah makanan. Kekacauan dalam pasaran pangan komersial dunia semenjak tahun 1972 barangkali bahkan telah melahirkan lebih banyak kecemasan di dunia daripada kelaparan. Begitu permintaan makanan dunia melampaui persediaan yang ada, cadangan pun terkikis, harga menjadi berlipat ganda, dan negara-negara yang surplus pangan sepenuhnya menguasai ekspor pangan. Peristiwaperistiwa secara grafik menunjukkan obat herbal diabetes kering bahwa kelebihan dan stabilitas yang menguntungkan dari pasaran pangan sedunia sesudah perang tak lagi bisa dijadikan jaminan.

makanan sehat untuk ibu hamil mudaParahnya sejumlah kelaparan baru-baru ini dan sentakan kenaikan harga biji-bijian yang menjadi tiga kali lipat telah mengalihkan perhatian kita dari masalah pangan yang paling meluas dan paling dasar: nutrisi rendah kronis yang diderita oleh penduduk miskin di dunia. Nutrisi rendah adalah suatu krisis yang diderita oleh penduduk miskin di dunia. Nutrisi rendah adalah suatu krisis yang tak tampak di mata, suatu tragedi sehari-hari yang tak memungkinkan ratusan juta orang menyadari potensi genetis mereka – hak azazi mereka. Sebagai suatu yang alot dan mudah menembus banyak hal, nutrisi tidaklah tampil dalam berita-berita koran secara dramatis, akan tetapi jumlah jiwa yang direnggutnya jauh melampaui bencana kelaparan yang berlangsung sekali-sekali. Komponen yang beragam dari masalah pangan dunia tentu saja berjalin erat satu sama lain.

Perkembangan pada yang satu sangat mempengaruhi perkembangan yang lain. Apabila iadangan bijian-bijian menyusut, kemampuan internasional untuk menjauhkan kelaparan yang senantiasa mengancam dengan bantuan pangan juga menyusut sama banyaknya. Begitu harga-harga pangan membubung, begitu pula jumlah orang yang kurang makan. Mereka yang menghabiskan 60 – 80 persen pendapatannya untuk pangan, seperti yang dilakukan oleh ratusan juta orang, sulit sekali mengatasi harga biji-bijian yang berlipas ganda. Tapi meskipun nutrisi rendah kait mengait dengan krisis persediaan, permintaan, dan pengelolaan dari pasar bahan makanan komersial, kedua masalah ini tidaklah sama. Nutrisi rendah yang meluas telah berlangsung jauh lebih dahulu daripada kegoncangan pasar bahan makanan pada tahun 1970-an dan, kalaupun kebijaksanaan-kebijaksanaan pemerintah berhasil menstabilkan harga pasar pangan, nutrisi rendah akaq tetap ada setelah kegoncangan harga tersebut berlalu.