Peluang Bisnis : Membangun Pabrik AMDK

Agar produk terus dapat diminati sang konsumen maka dibutuhkan suatu komponen yg bisa memenuhi kebutuhan dan hasrat konsumen. Kualitas atau mutu produk akan menyertai setiap produk yg ditawarkan dan konsumen akan selalu mempertimbangkan mutu tadi menjadi bahan pertimbangan. Dengan mutu atau kualitas yg baik dan sesuai menggunakan kebutuhan dan hasrat konsumen maka konsumen akan merasa terpenuhi harapannya sehingga terpuaskan. Kualitas produk adalah faktor yang terdapat dalam suatu produk yg mengakibatkan produk tersebut bernilai sesuai dengan maksud untuk apa produk tadi diproduksi. Contoh terbaik adalah air minum kemasan merk Equil. Air minum ini asli Indonesia dan berharga 5x lipat dari produk serupa di pasaran. Ia termasuk air minum premium. Dan tetap laku sebab memiliki kualitas yang bagus.

Morgen pendiri equil mengutarakan, masyarakat masih menyebut air minum dalam kemasan menggunakan air mineral. Padahal 2 kata air minum itu memiliki pengertian & kriteria yang tidak selaras. Untuk memperoleh izin brand air mineral alami (natural mineral water). Pabrik amdk harus mengambiil air yang berasal dari mata air langsung, tidak dilakukan treatment apapun, dan dibotolkan langsung pada lokasi asal mata air. Untuk mengklaim kelayakan konsumsi, air diperiksa setiap satu jam sekali mulai dari sumber hingga masuk pada botol bungkus. Inilah yang membedakan menggunakan AMDK yang bisanya melalui proses penyaringan atau pemurnian dengan distilasi atau oksidasi. Oleh sebab itu, untuk membuat pabrik air minum dalam kemasan yang bagus maka pabrik harus memiliki mesin filling water yang berkualitas juga.

Selain brand, pilihan konsumen terhadap produk sering pula berdasarkan pertimbangan pengemasan produknya. Pengemasan meliputi semua kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau pembungkus suatu produk. Bungkus dengan desain jelek bisa menyebabkan konsumen berpaling ke produk lain yg lebih bagus kemasannya. Pada bungkus bisa dicantumkan kode produksi, nama perusahaan, merek juga jaminan kehalalan dan higiene produk, serta cara atau proses produksinya. Dan ini semua diperlukan untuk membangun persepsi pada konsumen tentang produk yg dipasarkan. Meski berat pada awalnya, namun ke belakang ini jelas investasi yang menguntungkan.

Perusahaan bisa semakin berkembang & memperoleh laba yang lebih besar  melalui investasi yang sempurna. Modal yang tersimpan pada bentuk uang maupun tabungan hanya menaruh sedikit keuntungan dibandingkan bila kapital itu digunakan buat pengembangan bisnis lebih lanjut ya seperti mengelola label yang baik tersebut. Apalagi perkembangan industri air minum kemasan pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak perusahaan air minum dalam kemasan bermunculan karena ketertarikan investor dalam bidang ini. Hal ini muncul lantaran investor melihatpeluang menurut manfaat air yg adalah kondisi mutlak bagi kehidupan.

pabrik amdk

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) adalah kelompok produk air minum murni yg diolah dan dikemas sebagai akibatnya siap diminum. Kelompok produk ini mengalami penambahan unsur krusial eksklusif untuk kebutuhan mineral dalam tubuh. Produk ini juga dibedakan menggunakan Air isi ulang di depo-depo.

Lalu Keuntunganya investasi di bisnis AMDK apa?

Harian Suara Pembaharuan di tahun 2009 menyebut  standar kelayakan kebutuhan air bersih adalah 49,5 liter/kapita/hari & buat kebutuhan tubuh adalah 2,5 lt perhari. Produsen Air Minum Dalam Kemasan Indonesia (ASPADIN) juga menampakan peningkatan penjualan air minum mineral. Apabila penjualan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dalam 2005 mencapai 5,4 miliar liter, setahun lalu naik 31,5% sebagai 7,1 miliar liter. Pada2008 meningkat 14,1% mencapai 8,1 miliar liter.

Bagi investor, industri ini merupakan primadona pilihan investasi lantaran:

  • Proses pengolahannya gampang
  • Mesin produksinya mudah diperoleh di Benuamesin.com
  • investasinya tidak terlalu akbar
  • Sekarang banyak perusahaan lokal yang mampu menciptakan mesin-mesin pengolahan kualitas internasional.
  • Terakhir, prospek pasarnya sangat menjanjikan.