Mencegah Sakit Dada

Alasan pengurangan angina yang mengesankan pada diet vegetaris,belum lama ini barulah jelas. Jawabannya kemungkinan berkaitan dengan bagaimana diet vegetarian bisa membantu membuat pembuluh darah relaks. Suatu bahan kimia dalam darah yang disebutnitric oxide penting bagi kemampuan pembuluh darah untuk relaks. Jangan dibingungkandengan nitrous oxide (“gas tertawa”), nitric oxide merupakan faktor pengenduran penting yang dibuat oleh sel endotelial yang melapisi pembuluh darah kita. Akan tetapi, ketika kadar kolesterolmeninggi, pembuluh darah tidak mengendur dengan baik merespons nitric oxide.

Perubahan kadar kolesterol darah bisa membuat perbedaan berarti terhadap jumlah relaksasi dalam kurunwaktu yang singkat. Baru-baru ini, para perisetmembuat kadar kolesterol pasien meningkat denganmenghentikan obat penurun kolesterol.Dalam dua minggu terdapat penurunan nyatakarena efek nitric oxide, mengurangi relaksasi. Mengapa kadar kolesterol tinggi mengganggu efek nitric oxide?

Upaya laboratorium baru-baru ini memberikan satu alasan untuk pertalian ini. Para periset kini telah mendokumentasikanbahwa kadar kolesterol tinggi menyebabkan kehancuran nitric oxide.37 Sel endotelial mencobamengimbangi kehilangan ini dengan membuatlebih banyak nitric oxide.38 Akan tetapi, karenakehancuran nitric oxide yang cepat, sel-seltersebut biasanya kehabisan L-arginine, bahanmentah yang sangat diperlukan untuk membuatnitric oxide.

Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa penurunan kolesterol yang besarakan memperbaiki nilai uji stres EKG (menunjukkan aliran darah yang meningkat ke jantung) dalam empat minggu.3e Sejalan dengan hubungan ini, para ilmuwan menemukan bahwa dengan memberikan L-arginine tambahan membantu memulihkan relaksasi arteri yang normal meskipun seseorang mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Read more: cara cepat penyembuhan diabetes 

Arginine kebetulan ditemukan berlimpah pada diet vegetarian, tetapi jarang terdapatpada daging dan produk susu. Tabulasi kandungan arginine makanan ditunjukkan dalam Gambar 17. Perhatikan bahwa daging dan produk susu sangat sedikit mengandung arginine dibandingkan dengan buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian,yang mempunyai 3 sampai 35 kali lipat banyaknya. Konsekuensinya, perbaikan angina yang cepat dalam Lifestyle Heart Tiial bisa terjadi sedikitnyaoleh dua dfek terpisah. Pertama, kadar kolesterol yang berkurang bisa membantu memulihkan mekanisme relaksasi pembuluh darah yang normal. Kedua, peningkatan argininemakanan yang disediakan diet vegetarian akansemakin membantu mengendurkan arteri dari permulaan, kemungkinannya bahkan sebelum kadar kolesterol darah turun secara nyata.