Microsoft Mengembangkan ‘Diet Bra’

diet bra

Ternyata tidak hanya teknologi komputer saja yang di buat oleh Microsoft, karena baru-baru ini Microsoft tengah mengembangkan protype bra berteknologi tinggi yang bisa membantu wanita dalam menurunkan berat badan dan berdiet.

Tim insinyur di Microsoft Research telah mengembangkan bra berteknologi tinggi yang dapat memantau tingkat stres pada wanita dan mencegah mereka dari makan berlebihan karena faktor emosional. Pakaian dalam ini memiliki sensor yang dapat mendeteksi tingkat detak jantung, pernapasan, konduktansi kulit, dan gerakan penggunanya – semua hal ini dapat menunjukkan jenis emosi stres yang sedang dialami penggunanya; stess secara emosional inilah yang sering menjadi awal kenapa seseorang menjadi makan berlebihan. Data-data dari sensot akan dikirim ke aplikasi smartphone, yang kemudian memberitahu pengguna tentang suasana hati mereka.

Para peneliti berharap benda ini bisa menjadi solusi inovatif untuk mengatasi makan yang didasari karena stres~yang merupakan penyumbang potensial atas terjadinya masalah obesitas. Subjek serta desain penelitian mereka untuk bra baru ini, dimuat dalam sebuah makalah berjudul “Food and Mood: Just-in Time Support for Emotional Eating.

Makan berlebih karena mengalami masalah emosional, sebagian besar terjadi pada kaum wanita. Dan bra ini sangat sempurna untuk mengukur EKG (elektrokardiogram). Tim Microsoft ini juga mencoba mengembangkan versi pakaian dalam untuk pria, akan tetapi hasilnya tidak terlalu memuaskan karena pakaian dalamnya terletak terlalu jauh dari jantung.