PEMERIKSAAN PADA TULANG BELAKANG

Pemeriksaan tulang belakang adalah perneriksaan yang sederhana, mudah dan penting. Penulis merrdapat kesan dari praktek bahwa iulang belakang seringkali kurang mendapatkan perhatiair sebagaimana mestinya. Hal ini mungkin disebabkan oleh karena dalam kebanyakan buku pelalarah r€Kr1tK 1rcmeriksaarr tulang belakang tidak dibahas secara tersend!ri atau juga oleh karena kelainan pada tulang belakang seringkali rnenimbulkan gejala2 di tempat jauh. sehingga hubungairnya dengan tulang belakang tidak difikirkan. Dalam praktek umum hendaknya tulang belakang diperiksa pada pasienpasien yang mengeluh:

(1) segala macam nyeri radikuler, yaitu nyeri yang terasa di leher waktu sikap kepala berubah, nyeri di sela iga, nyeri di tungkai yang menjalar menu!’ut distribusi n. iskhiadi.kus.

(2) segala macam deformitas pada leher, toraks dan peivis.

(3) segala macam nyeri sekitar tulang belakang.

(4) segala macam gangguan miksi.

(5) kelemahan kedua tungkai. Dalam rangka pemeriksaan klinis umum. maka jenis pemeriksaan yang dilakukan adalah inspeksi, palpasi, perkusi dan menguji pergerakan tulang belakang.

INSPEKSI TULANG BELAKANG

lnspeksi dilakukan dari belakang dan samping pasien yang berdiri. Tulang belakang yang sehat bentuknya adalah sebagai berikut. Dilihat dari belakang tulang belakang tampak lurus di garis tengah badan. Bila dilihat dari samping akan tampak kurvatur2. Di bagian servikalis konkavitas kurvatur itu menghadap ke belakang, sedangkan di bagian torakalis konkavitas itu menghadap ke depan dan di bagian lumbalis kembali konkavitas itu menghadap ke belakang. Batas bawah bagian servikalis tarnpak jelas oleh karena p!-osesus tulang vertebralis c.7 menonjol. Pada wanita sendi sakroiliaka mudah ditemukan karena di ternpat itu terdapat cekungan kecil yang dinamakan cekungan Venus. walaupun nama cekungan itu clihubungkan dengan Dewi Venus, pada kebanyakan orang laki2pun tampak cekungan sakroiliaka dengan jelas.

Perhatian kita pada inspeksi ditujukan kepada kelainan kurvatu12 tulang belakang, penyimpangan tulang belakang dari garis tengah tubuh, penonjolan2 sepanjang tulang belakang vang merupakan bentuk dan tempat prosesus spinosus, kelainan pada daerah sekitar tulang belakang dan kulit yang menutupi tulang belalcang. Deformitas pada tulang belakang bagian servikalis seringkali dijumpaipada tortikolis. suatu keadaan di mana leher berputar dan miring ke salah satu sisi secara menetap. Anda dapat mengetahui informasi paling lengkap dan akurat mengenai obat herbal untuk diabetes yang efektif hanya di sini.

Recent search terms: