Penyakit Kegemukan atau biasanya disebut “Obesitas”

Kondisi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara konsumsi kalori dan kebutuhan enersi, dimana konsumsiterlalu berlebih dibandingkan dengan kebutuhan atau pemakaian enersi (energy expenditure). Kelebihan enersi didalam tubuh disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Pada keadaan normal, jaringan lemak ditimbun di beberapa tempat tertentu, di antaranya di dalam jaringan subkutan dan di dalam jaringan tirai usus (omentum).

Pada wanita ada tempat-tempat penimbunan jaringan lemak khusus yang memberikan bentuk khas feminine, misalriya di daerah gluteal (pantat) dan di daerah bahu serta dada, memberikan contour membulat di daerah-daerah tersebut. Timbunan jaringan lemak di daerah khas tersebut sangat gigih dipertahankan oleh tubuh wanita, bila tubuh kekurangan enersi, dan baru berkurang bila defisiensienersisudah agak lanjut.

Jaringan lemak subkutan di daerah dinding perut bagian depan mudah terlihat menebal pada seorang yang menderita obesitas. Seorang baru disebut menderita obesitas, bila berat badannya pada laki-laki melebihi 15% dan pada wanita melebihi 20% dari berat badan ideal menurut umurnya. pada orang yang menderita obesitas,organ-organ tubuh dipaksa harus bekerja lebih berat, karena harus membawa-bawa kelebihan berat badan yang tidak memberikan manfaat langsung. Karena itu mereka merasa lebih cepat gerah (merasa panas) dan lebih cepat berkeringat untuk menghilangkan kelebihan panas badan tersebut.

Penderita obesitas mempunyai kecenderungan untuk lebih mudah membuat kekeliruan dalam bekerja dan cenderung lebih mudah mendapat kecelakaan. Ada beberapa penyakit yang meningkat prevalensinya pada orang yang menderita obesitas, seperti penyakit-penyakit kardiovaskular termasuk hypertensi, diabetes mellitus dan beberapa lainnya. Morbiditas dan mortalitas penyakit-penyakit lainnya meningl , sedangkan jangka hidup (tife span) ditaporkan memendek. Berat badan yang dianggap dikehendaki pada orang dewasa diperkirakan dengan rumus Dubois:

B (kg) – (Tcm -100) + 10%

B ialah berat badan hasil perkiraan, dinyatakan dalam kilogram.

T tinggi badan yang diukur, dengan satuan sentimeter

Benda-benda keton terdiri atas acetoacetic acid, beta hydroxy butyric acid, dan acetone. Pengelolaan penyakit diabetes mellitus terdiri atas trias yaitu diet, kegiatan fisik dan medikamen. Kalau pengelolaan penyakit inicukup baik, penderita diabetes masih dapat menjalani kehidupan normal untuk jangka waktu cukup lama. Untuk mengatasi diabetes melitus secara tuntas dokter senior merekomendasikan obat kadar gula tinggi tradisional terbaik yang satu ini.