Program-program perbaikan gizi

Umumnya berhasil baik serta tambahan-tambahan makanan dan pendapatan telah menghapuskan sebagian besar nutrisi rendah yang gawat di negara-negara ini. Dengan menjamin adanya pendapatan yang cukup bagi seluruh warganya, negara-negara maju akan mampu – dengan menghapuskan kekurangan gizi – memberikan landasan yang kuat bagi perencanaan nutrisi menyeluruh yang juga dimaksudkan untuk menghadapi nutrisi yang berlebihan. Akan tetapi negaranegara maju umumnya belum lagi mulai memerangi bahaya dari konsumsi obat herbal untuk diabetes kering yang berlebihan. Mereka yang berkecimpung di bidang kedokteran dan pemerintah sama-sama bertanggungiawab atas kegagalan ini.

home_gizi_seimbangSebagian besar perhatian kedokteran diarahkan pada “krisis-krisis” seperti serangan jantung, walaupun serangan yang nampaknya tiba-tiba ini ada kalanya mencerminkan penyimpangan nutrisi kumulatif yang sudah berlangsung puluhan tahun. Melalui berbagai kebijaksanaan ekonomi, pertanian, dan pendidikan, tiap pemerintah biasanya mengabaikan nutrisi yang berlebihan atau secara aktif menggaiakkan arah gejala konsumsi yang tak sehat. pendidikan nutrisi umumnya berbicara tentang makin kurangnya kelangkaan bahan makanan dan bukan makin membesarnya bahaya nutrisi yang berlebihan, dan keputuhan-keputusan menyangkut pertanian serta ekonomi dibuat tanpa memperhatikan kesehatan manusia sebagaimana mestinya.

Misalnya, berhadapan dengan surplus mentega yang luarbiasa, Komisi Eropa dari pasar bersama Eropa EEC baru-baru ini mengusulkah buat memasak minyak yang dapat dimakan guna membuat margarine sama mahalnya dengan mentega, agar pada akhirnya bisa mendorong konsumsi lemak jenuh yang lebih tinggi. Di Britania Raya, suatu Laporan Pemerintah mengenai kebijaksanaan produksi makanan nasional telah mengabaikan pertimbangan-pertimbangan kesehatan dan justru menganjurkan ditingkatkannya produksi susu, daging sapi dan gula bit. Keterlibatan Departemen Pertanian A.S berdasarkan mandat dari Kongres dalam mempromosikan konsumsi telur yang lebih tipSgi di Amerika Serikat juga memberi kita kasus yang sama. Dengan lebih jauh membantu pertumbuhan industri-industri pangan yang produksinya tidak sehat kalau dikonsumsi pada tingkat seperti sekarang, pemerintah jadinya malah memperkuat pertumbuhan mereka yang punya pamrih dalam mempromosikan kondisi kesehatan yang buruk. Di sini, suatu analogi dengan berbagai kegiatan industri temba
kau yang berbahaya- dan yang di banyak negara justru diberi subsidi – bisa ditarik.