Riset yang masih belum lengkap atas nutrisi dan kemampuan belajar

Kelelahan fisik dan mental, ketak-mampuan berkonsentrasi serta kurangnya motivasi semuanya membuat mereka terbelakang di sekolah; dan penyakit yang sering menyerang membuat mereka sering tak hadir. Anak-anak yang terlantar akibatnya sangat terbelakang dalam hal kemampuan belajar, dan mengidap apa yang Alan Berg sebut “suatu kehilangan kesempatan untuk mendapat obat tradisional herbal untuk diabetes selama-lamanya,” baik jika otak mereka telah rusak secara fisik maupun tidak. Barangkali pelajaran utama dari catatan ini ialah bahwa nutrisi rendah, penyakit, dan kemiskinan berjalin erat satu sama Iain.

nutrientNutrisi yang baik saja tidak akan menghapuskan kemiskinan dan tak akan menyembuhkan luka-lukanya, akan tetapi usaha-usaha pendidikan yang paling kreatif sekalipun bisa gagal jika berhadapan dengan nutrisi rendah. Pengetahuan kita mengenai perkembangan otak manusia menyddarkan kita akan betapa pentingnya usaha-usaha buat menyediakan menu yang cukup bagi kaum ibu yang hamil atau penyusukan, dan bagi anak-anak di bawah umur dua tahun.

Bersamaan dengan itu, cukup banyak bukti yang menunjukkan bahwa kondisi-kondisi menu dan sosial yang diperkembangkan pada tingkat usia kapanpun akan selalu menguntungkan mereka yang bersangkutan. Melalui sejarah, tak sedikit kekuatan yang telah mempengaruhi pola-pola konsumsi pangan, akan tetapi pertimbangan-pertimbangan kesehatan tidak selalu menyertainya. Walaupun kekurangan pengetahuan medis dan sumber-sumber pertanian yang dibutuhkan guna memajukan menu yang lebih sehat berlangsung lama, kini umat manusia telah memiliki kedua_ duanya, dan tiap pemerintah yang sepenuhnya terlibat dalam proyek tersebut kini sudah bisa mengurangi kesalahan nutrisi secara berarti.

Sejumlah strategi nutrisi yang dipakai oleh pemeriksa untuk mempengaruhi rakyat semakin disadari sebagai suatu tanggungjawab bersama. Di tengah-tengah pertumbuhan jumlah negara-negara miskin, gagasan perencanaan nasional untuk mengembangkan nutrisi telah berhasil – meskipun masih banyak jang perlu dikerjakan. Menyaksikan adanya korelasi yang kuat antara kemiskinan dengan nutrisi, beberapa ahli analisa telah mulai menganggap kemungkingn buat menerima strategi-strategi nutrisi sebagai suatu penyimpangan yang tak perlu dari tugas yang ainat penting buat meningkatkan pendapatan golongan miskin. Menurut beberapa versi dari perspektif ini, pertumbuhan ekonomi yang cepat, perataan pendapatan yang ditata kembali, atau keduaduanya merupakan benteng-benteng terbaik buat melawan nutrisi.