Sebelum diekspor bahan makanan kadang harus di “conditioning” dahulu

Agar mempunyai tingkat kondisi yang memenuhi persyaratan ekspor, di sini kualitas campuran akan menyebabkan kualitas seluruh partai barang ekspor menjadi rendah; jadi seleksi bahan-bahan yang sama kualitasnya disatukan, perlu dikerjakan agar mencapai tingkat kualitas ekspor yang tinggi dan memenuhi permintaan para pembeli. Biji-bijian yang akan diekspor harus dijaga kondisinya, misalnya jangan terlihat mengandung serangga; sdrangga harus dibunuh dengan fumigasi dan kemudian serangga yang mati harus dipisahkan dari bahan makanan yang akan diekspor tersebut. Ada sejenis serangga yang sangat ditakuti, karena rakusnya dan sangat merusak bahan makanan serta mudah sekali menyebar dan sangat tahan terhadap berbagai kondisi buruk sekalipun, ialah yang disebut Kaphra beetle. Jenis serangga ini terdapat di negara lndia, Ceylon dan Bangladesh. Berbagai negara menjaga sekali jangan sampai dapat kemasukan jenis serangga ini, dengan pengawasan karantina yang ketat sekali.

Perdagangan Bahan Pangan

Bahan pangan yang tidak cukup diproduksi di suatu negara atau wilayah, harus dimasukkan atau diimpor, sedangkan bahan pangan yang diproduksi berlebih harus diekspor, agar tidak merugikan para produsen. Didalam suatu wilayahpun tidaklah bahan pangan seluruhnya ditanam dan dikonsumsisendiri; sebagian akan dijual untuk mendapatkan uang pembeli barang-barang lain. Jalur perdagangan berbagefi bahan makanan mempunyai sifat khusus sendiri-sendiri.

Struktur jalur perdagangan dari mulai produsen sampai kepada konsumen dapat sangat panjang atau pendek saja, dan kadang-kadang sangat rumit dan berbelit. Panjang-pendeknya jalur perdagangan ini tergantung dari jenis bahan makanan yang bersangkutan, dan akan ikut menentukan tinggi-rendahnya harga bahan makanan tersebut ketika sampai pada konsumen.

Biasanya semakin panjang jalur perdagangan, semakin mahal harga yang harus dibayar oleh konsumen. Komponen harga bahan makanan yang harus dibayar konsumen sering sebagian besar untuk jalur perdagangan ini, dan hanya sebagian kecil dinikmatioleh para produsen. peranan para tengkulak bahan pangan sangat penting dalam menentukan lancar tidaknya jalur perdagangan sesuatu bahan makanan tertentu, karena bahan makanan tersebut harus dikumpulkan dari sejumlah produsen-produsen kecil. Pemerintah mencoba menggantikan peranan para tengkulak ini dengan mendirikan koperasi-koperasi (Koperasi Unit Desa = KUD). Klik disini dan temukan informasi seputar obat diabetes herbal alami yang paling direkomendasikan dokter.