Segi-segi dari tehnik perawatan kesehatan di Tiongkok dijadikan contoh baik di negara-negara lain

Tentu saja bersamaan dengan itu, hal-hal yang menyebabkan tercapainya kemajuan di bidang kesehatan di Tiongkok harus juga kita perhatikan. petugas-petugas “medis yang efektif ini melakukan dua pekerjaan. Di samping menyiap kan vaksin, obat-obat antibiotika, dan fasiiitas pengguguran yang terjamin, ryereka pun melakukan tugas-tugas untuk memperbaikl lingkungan serta mengajarkan cara-cara menghindari penyakit kepada pasien-pasiennya. Yang terpenting barangkali ialah bahwa para petugas kesehatan tersebut memperoleh obat diabetes tradisional paling ampuh hasil maksimal di tempat-tempat di mana prasyarat-prasyarat sosial yang lebih luas dari kesehatan telah terpenuhi.

healthSelain dokter tak bersepatu, negara-negara miskin juga membytuhkan “insinyur tak bersepatu” yang bisa menciptakin penyediaan air bersih yang murah sebagai ganti dari sistem-sistem pengairan yang lebih modern dan mahal yang biasanya lebih disukai oleh para insinyur profesional. Mereka juga memerlukan “pelaksanaan ekstensifikasi pertanian yang tak bersepatu, yang akan menuntun para petani kecil yang kepayahan, demikian-puli para tuan tanah yang biasanya memperoleh sebagian besarlasa dan kredit. Yang paling dibutuhkan mungkin adalah “ahli-ahli ekonomi tak bersepatu “serta” politikus tak bersepatu. yang bersedia melakukan usaha-usaha demi perombakan ekonomi yang memungkinkan mereka yang tak punya apa-apa untuk memperbaiki nasib mereka, dan yang akan lebih mementingkan kehidupan dari pada berbagai indikator pertumbuhan yang abstrak. Di negara-negara kaya dan miskin, hasil-hasil lebih jauh dan berarti di bidang kesehatan lebih banyak tergantung pada perubahan-perubahan sosial yang lebih luas dibanding dengan pada ilmu kedokteran.

Biaya perawatan kedokteran yang meningkat di Barat merupakan suatu masalah sosial yang rumit; akan tetapi anehnya pengeluaran besar-besaran yang diperuntukkan buat memelihara kesehatan pada umumnya, kecuali sejauh bahwa sebagian dari dana-dana ini bisa dimanfaatkan secara lebih baik guna mencegah penyakit. Sementara prosedur-prosedur yang mahal seperti transplantasi bagian-bagian tubuh, pengguna an ginjal buatan, dan usaha-usaha mati-matian untuk menyelimatkan jiwa korban-korban kanker melonjakkan biaya kedokteran dan menyelamatkan jiwa beberapa orang, itu semua hanya sedikit mempengaruhi gambaran kesehatan dasar. Dana-dana yang diperuntukkan bagi sistem-sistem penyembuhan di negara-negara maju telah mencapai titik jenuhnya.