Sesuai yang dianjurkan para penyuluh pertanian lapangan hasil yang dicapai meningkat secara menyolok

Kelima butir Panca Usaha Tani ini disediakan oleh pemerintah sebagai pinjaman kepada para petani yang mempunyai lahan pertanian, terutama sawah, tetiapi kemudian juga sawah tadah hujan. Pinjaman tersebut harus dilunasi kemudian, setelah panen. Telah diperhitungkan bahwa dengan mentrapkan Panca usaha Tani, hasil produksi akan meningkat dan peningkatan tersebut akan cukup untuk pemakaian sendiri, pembayaran hutang BIMAS dan kelebihan keuntungan daripada hasil yang biasa dicapai. Pada program BIMAS, seluruh paket yang disediakan oleh pemerintah harus diambil secara lengkap, tidak boleh diambil sebagian-sebagian.

Sebaliknya pada program INMAS, para petani boleh memilih dan mengambil sebagian saja dari seluruh paket yang disediakan, misalnya hanya mengambil bibit unggul, hanya pupuk dan insektisida, atau hanya bibit unggul saja dengan insektisida, dan sebagainya. Dengan cara pengarahan ini, para petani tergerak secara persuasip oleh motivasi mendapat keuntungan lebih daripada biasanya. Memang kalau Panca Usaha Tani ini dilaksanakan

Pasca Panen

ng disebut pasca panen ialah segala upaya untuk menyiapkan hasil produksi pertanian setelah dipanen. Macam upaya ini tergantung dari jenis bahan pangan hasil panen tersebut, di antaranya:

(a) Pengeringan

(b) Pengangkutan (transpor)

(c) Penyimpanan, dan

(d) Seleksi dan conditioning, bagi keperluan perdagangan pangan.

Tujuan utama upaya pasca panen ialah untuk menyiapkan hasil panen agar tahan disimpan jangka panjang tanpa mengalami kerusakan terlalu banyak dan dapat dipasarkan dalam kondisi baik, tidak banyakyang terpaksa terbuang karena rusak. penanganan pasca panen bahan makanan dan hasil panen iainnya di lndonesia belum mencapai taraf yang diinginkan. Setiap tahun masih terlalu banyak bahan makanan hasil panen yang terbuang mubazir karena rusak dalam penyimpanan atau tercecer ketika diangkut (transpor).

Pengeringan

Pada waktu dipanen, biasanya kadar air hasil panen masih cukup tinggi, yang memungkinkan berlangsungnya berbagai proses kerusakan. Hasil panen tersebut merupakan bagian tanaman yang masih hidup sel-selnya, jadi masih melangsungkan berbagai reaksi matabolik. pada kadar air yang rendah, proses-proses metabolik ini menurun, bahkan dapat berhentiatau diabaikan.

Pada keadaan cukup kering, tidak terjadi proses autodestruksi (autolysis). Hama dapat menghinggapihasil panen, terutama pada saat ditimbun di gudang. Untuk pertumbuhan dan pengembangbiakan hama tersebut diperlukan kadar air yang cukup tinggi.

Baca juga cara cepat menyembuhkan diabetes hanya disini.