Telah ada beberapa perkembangan repat dari prinsip yang menggabungkan elektroforesa dengan imunopresipitasi

Dalam mani pergerakan dalam lapangan listrik mendorong antigen berkontak langsung dengan antibodi. elektroforesa melawan arus (countercurrent electrophoresis) dapat dipakai terhadap anrigen yang bergerak ke arah kutub positif dalam agar-agar (lihat gambar 5.5). Teknik kualitatif ini dianggap lebih peka daripada difusi ganja (Ouchterlony) dan digunakan untuk menemukan antigen hepatitis B atau antibodi, dan dari antibodi anri-ADN pada LES (baniingkan hal. 323). elektroforesa roket (rocket electropboresis) merupakan obat tradisional diabetes kronis metode kuantitatif yang melibatkan elektroforesa antigen kedalam gel yang mengandung antibodi. Busur presipitasi berbentuk menyerupai roket, dengan panjangnya tergantung pada konsentrasi ,antigen-(Gambar 5.6). Seperti elektroforesa melawan arus, ini pun merupakan suatu metoda cepat tetapi sekali antigen harus bergerak ke arah kutub positif pada elektroforesa; sebab itu cocok untuk protein seperti albumin, transferin, dan seruloplasmin; tetapi imunoglobulin lebih mudah ditakar melalui imunodifusi radial tunggal.

masterSuatu varian yang kuat dari sistem roket ialah imanoelektroforesa dua dimensi dari Laurell, yang meliputi pemisahan elektroforetik pendahuluan suatu campuran antigen ke arahyang tegaklurus terhadap arah “tahap roket”  terakhir (Gambar 5.7a). Dengan cara ini dapatlah ditakar tiap antigen dari suatu campuran beberapa antigen. Suatu contoh nyata ialah perkiraan derajat konversi dari komponen ketiga komplemen (C3; betha 1C gambar 5.7b) menjadi bentuk tidak aktif betha1A ( bandingkan hal. 160 dan 195) yang misalnya dapat terjadi pada serum penderita dengan LES aktif atau pada cairan sinovial sendi-sendi yang sakit karena artritis rematoid aktif (gambar 5.7c)

Teknik Ikatan Radioktif

Pada suatu antigen yang tidak dapat larut. Mungkin perlu dikemukakan bahwa tidak dapat ditentukan konsentrasi matlak suatu antibodi dalam serum tertentu karena tiap serum mengandung imunoglobulin dengan banyak macam afinitas ikatan dan penentuan jumlah antigen yang terikat pada antibodi rerganrung pada konsentrasi dan afinitas antibodi maupun pada sifat dan kepekaan tes yang digunakan. Dengan syarat berikut, res-tes kuantitatif yang dilukiskan memberikan gambaran mengenai isi antibodi suatu serum yang bernilai praktis. Gen p rantai panjang ditambah  gen q rantai pendek akan menghasilkan p x q antibodi khusus yang berlainan.