Thyroid merupakan slah satu faktor hormonal pada kencing manis

Hiperthyroidi tidak menyebabkan D.M, akan tetapi mungkin sekali memperberat keadaan pada D.M. yang latent sehingga penyakit menjadi menifest.

Hal ini disebabkan oleh karena pada hiperthyroidi kita mendapatkan :

– absorpsi glukosa diusus-usus kecil lebih cepat sehingga glukosa drah lebih lekas meninggi.

– pembuatan glukosa dari glikogen bertambah.

– oksidasi di jaringan bertambah.

Telah diuraikan kemungkinan-kemungkianan yang bisa menjadi etiologi dari D.M. akan tetapi bagaimanapun juga etiologinya, dari sudut yang praktis kita dapat menganggap D.M. sebagai suatu gangguan dimana insulin di dalam tubuh terlalu kurang dna tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari metabolisme glukosa.

F A A L

Sumber glukosa

Glukosa di dalam tubuh mempunyai tiga sumber:

  1. makanan
  2. glikogen dari hepar

III. glukoneogenesa

Ad. I. Makanan

Perencanaan dari hidrat arang sudah di mulai di mulut dengan pertolongan “ptyalin”, suatu amilase yang dibuat oleh gland. Parotis. Di dalam usus kecil hampir semua hidrat arang dipecahkan dalam 3 hexose-hexose, yakni : glukosa, fruktosa dan galaktosa. Glukosa terjadi sebagai berikut : hidrat arang didalam usus kecil di hidrolisir oleh amilase (dikeluarkan oleh bagian eksokrin dari pankreas) menjadi maltosa (suatu disaccharida) dan kemudian maltosa dengan pertolongan maltase (suatu enzim dari usus kecil) menjadi galaktosa. Krtiga hexose ini di dalam usus kecil diabsorpsi dan masuk ke dalam peredaran darah. Makanan adalah sumber yang terbesar untuk glukosa.

Ad. II. Glikogen dari hepar

Glikogen ini dapat menjadi glukosa dengan bantuan suatu enzim “phospatase specifik” yakni glukosa-6-fosfatase yang terdapat hanya di dalam hepar. Otot-otot tidak mempunyai fosfatase ini, oleh karena itu glikogen hepar yang menjadi glukosa hanya 3 sampai 5% dan metabolisme glukosa seluruhnya, yang sedikit ini bisa mempunyai arti yang besar dalam keadaan-keadaan di mana tubuh dengan mendadak membutuhkan glukosa.

Ad.III. Glukoneogenesa

Terjadi terutama di dalam hepar. Glukosa ini dibentuk dari zat-zat karbon yang terbuat dari zat-zat karbon yang terbuat dari metabolisme protein, lemak dan hidrat arang. Banyaknya glukosa dari glukoneogenesa ini adalah 10 x sebanyak glukosa yang dibuat dari glikogen. Jelaslah bahwa glukoneogenesa ini mempunyai arti yang penting dalam metabolisme glukosa.