Unsur Pokok Dari Program Yang Menambah Sistem Kekebalan Dan Tingkat Energi

Suatu penelitian Brown University baru-baru ini mendapati bahwa wanita yang berolahraga sedikit kemungkinan untuk mulai merokok kembali. Olahraga memberikan manfaat yang sudah diketahui dengan baik bagi mereka yang mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi. Ada banyak lagi manfaat latihan ketahanan, seperti diuraikan dalam Gambar 11. Satu penelitian menarik melibatkan suatu upaya memperbaiki kemampuan berkomunikasi dari dua kelompok pasien Alzheimer. Satu kelompok ditempatkan pada program berolahraga jalan kaki, dan kelompok lain diberikan pelajaran dalam percakapan. Lebih dari 40 persen dari kelompok olahraga mengalami kemajuan nyata dalam kemampuan berkomunikasi, sementara kelompok “terapi percakapan” tidak mengalami kemajuan berarti dalam kemampuan berkomunikasinya.

kekbalan tubuhMempertimbangkan semua bukti yang menggugah tentang manfaat berolahraga, barangkali efek yang paling mengeiutkan adalah pencegahan banyak penyakit, yang akan ter*rujud semata-mata bila seseorang berolahraga secara teratur. Perkiraan sekarang ini adalah bahwa kurangnya orang Amerika berolahraga menyebabkan sampai sepertiga kematian dari tiga penyakit utama berikut: penyakit jantung koroner, kanker kolon, dan diabetes. Dua elemen pertama dari program NEWSTART (nutrisi dan olahraga) saling melengkapi dengan indahnya.

Nutrisi bekerja sama dengan olahraga memberikan lebih banyak manfaat daripada sendiri-sendiri saja. Ini berlaku bagi penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Akan tetapi, ini juga berlaku bagi persoalan kualitas hidup. Ingat kembali riset terkenal yang menunjukkan keunggulan dari diet vegetarian terhadap ketahanan atlit. Keuntungan kualitas hidup lainnya ada pada kinerja mental. Contohnya, individu paruh baya-dan bahkan mereka yang sampai pada usia 80-an yang tidak menderita penyakit Alzheimer- terbukti mengalami kemajuan berarti dalam ingatan setelah mengikuti program olahraga dalam waktu sembilan atau sepuluh minggu lamanya.

Sebenarnya, orang-orang Amerika yang lebih tua mempunyai kemajuan yang progresif dalam fungsi mental saat mereka semakin sering berolahraga. Seperti yang diungkapkan oleh satu riset: “Ada hubungan garis lurus yang jelas antara tingkat aktivitas dan tingkat kemampuan kognitif [mental]. Suatu panel konsensus yang diadakan oleh National Institute Mental Health mengidentifikasi manfaat kualitas kehidupan penting lainnya dari berolahraga. Ini dicantumkan dalam Gambar 12. Meskipun profesional kesehatan telah menekankan selama bertahun-tahun pentingnya berolahraga dalam mencegah penyakit yang mengancam jiwa untuk memotivasi pasien-pasien mereka agar berolahraga, barangkali ini bukan strategi yang paling efektif untuk memajukan olahraga.