Untuk memelihara kadar yang normal pankreas harus mengeluarkan Insulin cukup banyak

Mekhanisme pengeluaran ini diatur oleh konsentrasi glukosa dalam darah. Demikianlah jika gula darah’mulai naik, maka sel-sel Langerhans mendapat stimulans untuk membuat Insulin lebih banyak. Jika kemudian kadar gula mulai turun maka produksi Insulin juga berkurang dan pengeluaran epinefrin dari supraren mengstimulir glikogenolisis dari hepar sehingga tercapailah lagi kadar gula yang normal.

Untuk memelihara kadar gula yang normal di dalam darah juga ekstrak lobus anterior dari hipofisis dan beberapa kortikosteroid (Glucocorticoids) dari supraren mempunyai peranan yang penting. Jika kadar gula melebihi  170 mg% maka timbullah glukosuri. Ini disebabkan oleh karena tubuli-tubuli ginjal tidak snaggup lagi untuk mereabsorpsi semua glukosa yang ada di dalam tubuli. Angka ini disebut “threshold for glucose” dari ginjal (drempelwaarde), yaitu batas kemampuan dari ginjal untuk reabsorpsi glukosa dari tubuli. Pada beberapa diabetici threshold ini meninggi sehingga kadang-kadang pada kadar gula 300mgr% di dalam darah, belum juga terdapat glukosa di dalam urien.

Metabolisme lemak (penting untuk menerangkan ketoasidosis).

Penimbunan dari lemak netral biasanya terjadi di subkutis. Lemak ini didapat dari pencernaan dan dari asam-asam lemak yang dibuat dari glukosa. Hepar mempunyai hubungan yang erat sekali dengan metabolisme lemah dan hidrat arang dan biasanya mengandung lemak sebany ak 2-4%. Konsentrasi lemak di hepar bisa rnenjadi terlalu besar, kadangkadang sampai 10%, dan hal ini mungkin tedadi pada beberapa keadaan; umpamanya pada kehamilan, kakheksi (starvation) dan pada Diabetes Mellitus. Juga diit yang mengandung terlalu banyak lernak dan terlalu sedikit beberapa asam-asam amino dapat meninggikan konsentrasi lemak di hepar. Mekhanisme yang menyebabkan mobilisasi lemak ini dari jaringan-jaringan perifer ke hepar belum diketahui.

Yang hingga kini kita ketahui adalah bahwa di lobus anterior hipofisis terdapat suatu faktor “fat-mobilizing” yang untuk bekerja dengan sempurna membutuhkan suatu kadar kortikosteroid yang tertentu di dalam darah. Kita boleh menganggap bahwa suatu hepar yang mengandung banyak glikogen mempunyai sedikit lemak dan sebaliknya jika hepar mengandung banyak lemak maka glikogennya hanya sedikit. Konsentrasi lipoid yang normal di plasma adalah 500-600 Mgr%. Kira-kira separoh dari ini adalatr sebagai lemak netral dan asam lemak, Iainnya terdiri dari phospholipid dan cholesterol beserta ester-esternya.

Baca juga informasi mengenai obat kadar gula tinggi alami yang paling efektif hanya di sini.