Wanita yang hamil bisa menderita glukosuri

Dalam hal ini perlu sekali dibuat diagnosa Diab. Mellitus, prediabetes atau bukan Diabetes, oleh karena juga pada prediabetes sering terjadi komplikasikomplikasi yang biasanya terdapat pada Diab. Mellitus. Anamnesa sangat penting dan ditujukan kepada:

  1. Diab. Mellitus pada keluarga terdekat
  2. abortus-abortus yang telah dialami
  3. beratnya anak-anak yang dilahirkan
  4. anak lahir mati (“Stillbirbh”)
  5. kematian neonatal
  6. toksemia sewaktu kehamilan-kehamilan sebelumnya
  7. hidramnion

Jawaban-jawaban yang positif menunjukkan kepada kita adanya suatu “prediabetic state”. Untuk membuat diagnosa yang tepat sering diperlukan berulang-ulang pemeriksaan “fasting and postprandial bloodsugar”, “glucose tolerance test” dan kadangkadang juga “cortisone- glucose tolerance test”.

  1. TERAPI (“management”)

Pada urnumnya penderita Diabetes yang hamil membutuhkan pengobatan yang sama dengan penderita-penderita yang tidak mengandung.

  1. Diit

Harus mendapat kalori yang cukup supaya berat badan bisa berfambah. Biasanya penderita tidak diizinkan beratnya bertambah lebih dari 10 kg pada akhir kehamilan. Tidak boleh dilupakan untuk memberi vitamin-vitamin dan mineral-mineral. Mengingat frekwensi toksemia dan hidramnion maka baik pulalah jika o.s. dilarang makan gilram.

  1. Antidiabetika

Selama kehamilan sakar darah diatur denga.n antidiabetika. Pemeriksaan reduksi dalam urin tidak begitu berharga lagi dan pemeriksaan gula dalam darah harus dilakukan lebih sering. Oleh karena menurunnya “renal threshold” ada baiknya jika glukosuri tidak dihilangkan sama sekali. Bahaya asidosis tidak ada asal saja sipenderita mendapat antidiabetika yang cukup. Dalam trimester pertama pengobatan adalah paling sukar oleh karena adanya nausea dan vomitus. Perlu sekali pemberian kalori yang cukup banyak dan jika sering-sering makan tidak mencukupi maka perlu dipertimbangkan pemberian glukosa dengan infus. Dalam trimester kedus, pengobatan tidak begitu sukar lagi oleh karena tidak diperlukan perubahan diit dan dosis antidiabetika. Daiam trimester hetiga sering diperlukan Iebih banyak antidibetika oleh karena meningginya “carbohydrate tolerance”. Kontrol yang baik terhadap Diabetes siibu pada waktu ini bisa menghindarkan hipoglikemi spontan pada neonatus.

Insulin.

Jika untuk kontrol Diabetes sewaktu graviditas diperlukan Insulin maka yang terbaik adalah regular crystalline Insulin. Dan informasi penting mengenai cara pengobatan penyakit gula darah yang sudah direkomendasikan dokter ahli dunia dapat di lihat disini.

Recent search terms: