Zat gizi yang diperlukan anak-anak lebih tinggi dari pada orang dewasa

Bila dinyatakan dalam satuan berat badan, tetapi kalau dinyatakan dalam kwantum absolut, anak-anak yang lebih kecil itu tentu membutuhkan kwantum zat makanan yang lebih kecil pula, dibandingkan dengan kwantum makanan yang diperlukan oleh seorang dewasa. Struktur kekuasaan didalam keluarga dan berbagai pantangan makanan, berpengaruh pula atas pola distribusi makanan didalam keluarga. Jalur perdagangan bahan makanan tertentu dikuasai oleh kelompok pedagang tertentu, sehingga merupakan sejenis monopoli; merekalah yang kemudian paling menentukan besarnya harga akhir yang harus dibayar oleh konsumen.

Pedagang baru yang akan ikut dalam jalur perdagangan yang telah dikuasai tersebut, sangatlah sukar, bahkan sering tidak mungkin Demikian pula memasarkan bahan makanan baru, akan menjumpai kesulitan karena belum mempunyai jalur perdagangannya. Di lndonesia, jalur pemasaran ini merupakan mata rantai yang paling lemah dalam perjalanan bahan makanan dari produsen sehingga mencapai konsumen. Kalau jalur perdagangan belum lancar, maka hasil produksi akan tertahan di daerah produsen, tetapisebaliknya sukar didapat didaerah konsumen, yang berakibat rendahnya harga bahan pangan tersebut di daerah produsen dan mahal di daerah konsumen

Teknologi Pangan

Di abad teknologi sekarang ini, teknologi pangan juga sangat penting bagi pengadaan pangan yang mencukupi dan merata sepanjang tahun, serta bisa diperoleh di seluruh daerah/negeri, tidak saja di daerah produksi. Dengan teknologi pangan, selain bahan makanan itu diawetkan agar tahan lama, juga kualitasnya ditingkatkan, termasuk kualitas dari sudut kandungan zat gizinya. Bahan pangan yang diproduksi musiman dapat menjadi tersedia merata sepanjang tahun dan juga di daerah-daerah yang terletak jauh dari tempat produksinya. Hasil olah teknologi pangan memberikan aneka pilihan makanan sehingga hidangan tidak monoton, tetapi banyak bervariasi.

Bahan pangan hasil olah teknologi pangan biasanya dianggap mempunyai nilai sosialtinggi, sehingga banyak disukaioleh para konsumen, tetapi teknologi tersebut memerlukan biaya, sehingga bahan pangan hasil olah teknologi pangan pada umumnya akan lebih mahal, terutama bila dikemas secara khusus, misalnya dikalengkan. Hasil teknologi pangan yang diimpor umumnya lebih mahal dari yang dihasilkan di dalam negeri.

Baca informasi akurat seputarĀ obat diabetes herbal terbaik hanya di sini!